Rabu, 12 Januari 2011

Judul Apa Yang Bagus Buat Postingan ini ??

Sampai kapan kau ingin memandang batu nisan itu? Sudah setahun sejak upacara pemakaman orangtuanya. Untuk apa kau selalu mengingat orang yang sudah meninggal, dan untuk apa kau selalu menatap ke belakang. Dunia tidak akan berubah, jika kau selalu seperti itu. Kau menjual dirimu untuk mencari uang. Mencari uang dengan segala hal, baik maupun buruk selalu tak pernah kau pikirkan.
"Eng…."
"Bagus! Tubuhmu sangat indah, kau juga sangat menggairahkan! Hahaha…" ucap salah satu seorang yang menyewanya malam itu.
Hari ini adalah pertengahan musim panas, dimana murid-murid memulai aktifitasnya dengan bermalas-malasan. Tak terkecuali Ciel Phantomhive, dia anak yang penyendiri dan pendiam jauh dari dunia luar. Dia anak orang miskin dan tak punya orang tua. Dia hanya tinggal sebatang kara, hanya bisa menjual tubuhnya untuk mencari sesuap nasi. Kini kehidupannya mulai berubah, segalanya sudah tercukupi dari makanan yang mewah hingga pakaian yang mahal. Karena kini dia menjadi pemuas nafsu seorang laki-laki kaya. Berbeda sekali dengan Sebastian Michaelis, dia anak yang jauh lebih ceria dibanding Ciel. Mudah bergaul dan banyak teman, orangtuanya pun kaya dan menjadi penyumbang terbesar di sekolah ini. Namun entah kenapa matanya hanya tertuju kepada laki-laki yang bernama Ciel itu, walau dia tidak pernah satu kalipun berbicara dengannya.
Malam itu, Ciel datang ke rumah seseorang yang menyewa dirinya untuk pemuas nafsunya. Dia mendustakan perasaannya, membuang jauh rasa jijik yang mulai menggerogoti dirinya saat tubuhnya mulai disentuh laki-laki hidung belang itu.
Ini baru pertama kalinya Ciel datang ke rumah pelanggan tetapnya itu. Kedatangannya sangat dinantikan oleh orang itu. Ciel membunyikan bel pintu itu sampai dua kali, hingga ada sesosok laki-laki tinggi nan tampan membuka pintu untuknya. Ciel begitu terkejut saat orang yang membukakan pintu itu adalah Sebastian Michaelis, teman sekelasnya. Matanya terbelalak saat mengetahui bahwa Sebastian adalah anak dari pelanggan tetapnya itu. Mereka hanya berdiam diri saling terkejut melihat satu sama lain. Sebastian bingung untuk apa Ciel datang ke rumahnya, tahu dari mana alamat rumahnya.
"Aku ingin bertemu dengan tuan Yamato." Kata Ciel.
"Ah, kau ingin bertemu dengan ayahku? Ada urusan apa dengan ayahku?" tanya Sebastian.
"Ini bukan urusanmu. Panggilkan saja ayahmu."
"Oh.." Sebastian pun mempersilahkan Ciel untuk duduk di sebuah kursi yang terbuat dari kayu pilihan dan itu pasti mahal.
Beberapa menit kemudian, ayahnya pun turun menyambut kedatangan Ciel di sana. Sedangkan Sebastian sedang memperhatikan mereka di lantai dua. Mencari tahu ada hubungan apa Ciel dengan ayahnya. Ayah Sebastian mengajak Ciel ke ruang kerjanya, naik ke lantai dua hingga harus berpapasan dengan Sebastian. Diliriknya mata Sebastian, mata yang begitu menjijikkan di pikirannya. Karena dia adalah anak dari pelanggannya itu. Ciel pun masuk ke dalam ruangan kerja Yamato, ayah dari Sebastian. Di sana mereka melakukan kegiatan mesumnya. Ayah Sebastian adalah seorang maniak, hingga mengharuskan Ciel melakukan hal-hal aneh untuk memuaskan nafsunya. Tubuhnya pun di pukuli dengan tali, hingga memberi bekas sayatan di beberapa bagian tubuhnya. Terkadang tubuhnya memar dipukuli ayah Sebastian karena dia mengeluh capek. Namun itu semua dilakukannya demi uang.
Ciel keluar dari ruangan itu dan hendak pulang, besok pun dia harus datang kembali ke sini. Saat turun tangga, tanpa sengaja dia kembali berpapasan kembali dengan Sebastian. Sebastian begitu kaget saat melihat ada bekas luka di bibir dan pipinya. Namun belum sempat dia menanyakannya, Ciel sudah berjalan pergi meninggalkannya.

Besok dan besoknya lagi, Ciel kembali ke rumah itu. Sudah beberapa hari ini Ciel keluar masuk ke dalam ruangan kerja ayah Sebastian.
Sebenarnya Sebastian sangat penasaran apa yang mereka lakukan di dalam ruangan itu. Dan hari ini Sebastian bermaksud mencari tahu.
Dibukanya pelan pintu ruangan itu, matanya terbelalak saat melihat Ciel yang sedang disetubuhi dari belakang oleh ayahnya sambil menjambak rambutnya.
"Aah.. Tuan.. aah.." desah Ciel saat kejantanan orang itu mulai menyeruak masuk ke dinding prostatnya dengan kasar. Ditariknya dengan kasar rambut Ciel, hingga beberapa helai pun terselip di tangan orang itu. Di dorongnya dengan keras tubuhnya, hingga rasa sakit mulai menyelimuti tubuhnya. Sebastian begitu tidak percaya dengan apa yang dia lihat barusan, dia pun langsung pergi meninggalkan ruangan itu.
Malam pun semakin larut. Sudah waktunya Ciel untuk kembali pulang. Namun tubuhnya kini benar-benar capek dan banyak sekali luka pada tubuhnya. Saat hendak turun tangga pun dia hampir jatuh. Kalau saja Sebastian tidak memegang tangannya, dia pasti akan jatuh dari tangga yang tingginya lebih dari 3 meter itu.
"Kau tidak apa-apa?" tanya Sebastian.
"Lepaskan tanganku!" bentak Ciel berusaha melepaskan tangannya dari genggaman Sebastian. Namun tubuhnya kini sedang lemah, dia tidak mampu bergerak banyak.
"Badanmu panas sekali."
"Lepaskan ak…" sebelum melanjutkan ucapannya, kepalanya serasa pusing dan penglihatannya menjadi gelap. Dan akhirnya dia pingsan di pelukkan Sebastian.
Sebastian pun membopong Ciel ke kamarnya. Direbahkannya tubuh itu di atas ranjangnya dan mengambil obat penurun panas. Obat itu dimasukkan ke dalam mulutnya sendiri sambil meminum air, setelah itu ditranfernya obat itu ke mulut Ciel dari mulutnya. Agar obat itu bisa masuk ke dalam tubuhnya. Kemudian Sebastian mengompres kening Ciel dengan air dingin lalu mencoba mengobati lukanya dengan obat-obatan. Dilepaskannya satu persatu kancing kemeja Ciel dan melepaskan kemeja dari tubuhnya. Dilihatnya banyak luka di sekujur tubuhnya. Hingga dia kesal pada ayahnya yang sudah menyiksa orang yang dicintainya, walau dia tahu Ciel tak pernah mengenalnya lebih jauh lagi.
Beberapa jam kemudian.
Ciel tersadar dari pingsannya. Dia mulai membuka matanya dan dia begitu kaget saat melihat ruangan ini bukanlah kamarnya. Matanya menyelusuri tiap senti ruangan itu, dan mendapati seseorang yang tengah tertidur di sampingnya, menunggunya sampai sadar. Tentu saja dia adalah Sebastian. Sebastian pun terbangun saat merasakan Ciel mulai bergerak dari ranjangnya.
"Kau sudah sadar rupanya." Sahut Sebastian.
"Ah, kepalaku.." gumam Ciel sambil menyentuh kepalanya yang masih pusing.
"Lebih baik kau istirahat saja, tubuhmu masih lemah. Lukamu juga belum kering."
"Aku harus pulang. Aku tidak mau merepotkanmu." Timpal Ciel mencoba berjalan. Namun tubuhnya masih lemah hingga dia hampir terjatuh jika Sebastian tidak menopang dirinya.
"Sudah kubilang tubuhmu belum sehat betul. Kembalilah ke ranjang dan istirahat sebentar lagi." Suruh Sebastian.
"Tidak! Aku masih harus bekerja!" bentak Ciel.
"Bekerja? Malam-malam begini?" tanya Sebastian. "Kau mau menjual tubuhmu yang penuh luka ini?"
"Apa maksudmu?"
"Tak usah berbohong, aku tahu apa yang kau kerjakan di ruangan kerja ayahku. Kau menjual dirimu pada ayahkukan? Untuk apa kau lakukan itu?"
"Ini bukan urusanmu!" gertak Ciel.
"Ini urusanku juga!"
"Kau tidak tahu apa-apa. Sebaiknya jangan campuri urusanku!"
"Kalau aku tidak mau bagaimana? Apa yang akan kau lakukan?"
"Kau sudah gila! Biarkan aku pergi!" teriak Ciel mencoba memberontak dari pelukan Sebastian.
"Hei, aku punya tawaran untukmu." Sahut Sebastian dan membuat Ciel terdiam sejenak. "Aku akan membayarmu dua kali dari yang ayahku dan orang-orang berikan padamu, asal kau tinggalkan pekerjaanmu itu dan juallah dirimu padaku."
"Jangan bercanda! Kau tidak akan mampu membayarku!"
"Benarkah?" Sebastian melepaskan tangannya dari Ciel lalu membuka lemarinya. Diambilnya beberapa uang dari lemarinya dan di lemparkannya kepada Ciel. "Ini aku bayar kau kontan. Atau masihkah kurang? Aku bisa memberimu lebih dari itu, asalkan kau menjual tubuh dan hatimu padaku."
"Eh, hati?" tanya Ciel bingung.
Sebastian kembali mendekati Ciel, menyentuh pipinya lalu mendongakkan kepalanya dan seraya mendekatkan bibirnya tepat di depan bibir lawannya.
"Aku hanya menginginkanmu. Kau benar-benar membuatku bernafsu saat pertama kali aku bertemu denganmu. Jadilah milikku seutuhnya, juallah hati dan tubuhmu padaku. Aku berjanji akan bersikap lembut padamu. Tinggalkanlah orang-orang yang dengan mudah menikmati tubuhmu ini. Karena mulai sekarang kau adalah milikku." Dikecupnya bibir itu dan dilumatnya dengan lembut. Sebastian merengkuh dengan lembut tubuh yang ringkih itu, berharap dia nyaman di pelukkannya. Ciel mulai menarik baju Sebastian, menjinjitkan kakinya meminta lebih dari ciumannya.
"Enn..aah.." desah suara Ciel saat lidah Sebastian mulai masuk ke dalam mulutnya. Di sapunya langit-langit mulut Ciel, hingga desahannya mulai tak beraturan.
Dipegangnya kedua pipi Ciel dengan tangannya, sedikit menekannya ke arah wajahnya. Dan mencoba masuk lebih jauh ke dalam mulut orang yang dicintainya itu. Mereka saling bertukar saliva, hingga Ciel harus menelan saliva milik Sebastian. Sebastian begitu menikmati permainan lidah Ciel di dalam mulutnya, hingga benar-benar membuatnya bergairah dan tak sabar ingin menyentuhnya. Sudah lima menit lebih mereka berciuman, dan akhirnya mereka saling melepaskan ciumannya. Saat ciuman mereka terlepas, saliva mulai mengalir diantara mulut satu sama lainnya.
Ciel pun memalingkan wajahnya menghindari tatapan mata Sebastian, sudah sekian lama dia tidak bergairah seperti ini. Tidak sama seperti orang-orang yang telah menjamah tubuhnya dengan kasar. Berbeda dengan Sebastian, dia begitu lembut dan membuat sensasi lebih yang dirasakannya.
Sebastian kembali memegang kedua pipi Ciel yang mungil itu, ingin sekali ia segera memakan tubuh mungil itu. Namun dia masih ingin menikmati seluruh tubuhnya, menyentuh tiap titik sensitive orang yang dicintainya itu.
"Hei, kau sudah bergairah? Sentuhlah aku sesukamu." Ucap Sebastian membiarkan tubuhnya dijamah oleh orang yang disayangi lebih dari nyawanya sekalipun itu.
Mendengar itu Ciel mencoba kembali mencium bibir Sebastian dan karena kurang keseimbangan, Sebastian pun terjatuh. Ciel menimpa Sebastian yang jatuh. Kini posisinya berada di atas Sebastian, orang yang telah membeli tubuhnya. Ciel melumat bibir Sebastian dengan bernafsu, memasukkan lidahnya kembali ke dalam mulutnya. Ciel masih meremas-remas baju Sebastian sambil mendesah-desah nikmat dengan permainan lidah mereka di mulutnya.
Beberapa saat kemudian, ciel melepaskan ciumannya. Lalu membuka kancing baju Sebastian sambil menciumi lehernya. Ciumannya kini turun ke bawah, mencium dan menjilati tonjolan yang berada di dada Sebastian. Dan tangannya mulai melepaskan resleting celana panjang Sebastian. Lalu di keluarkannya kejantanan yang mulai menegang itu. Diremasnya dan sesekali dimainkannya dengan jari-jarinya, membuat Sebastian harus menahan nikmatnya permainan seorang Ciel Phantomhive. Ciumannya pun turun ke bawah dan mulai menjilati kejantanan Sebastian. Dijilati kejantanannya, hingga jantungnya harus memompa dengan cepat. Tangan Sebastian menyibakkan rambut Ciel yang menutupi mata, hingga terlihat sebuah kain yang menutupi matanya.
Dan beberapa saat kemudian Sebastian mengeluarkan cairan putih di dalam mulut Ciel. Ciel pun menelan habis cairan itu dan menyapu bersih mulutnya.
Sebastian kembali duduk dan berhadapan dengan Ciel. Disentuh pipinya dan seraya tersenyum tulus padanya. Mendapat perlakuan manis itu, Ciel memeluk Sebastian. Merasakan kehangatan dan kenyamanan saat memeluknya.
Sebastian pun dengan pelan mendorong tubuh Ciel, hingga dia terjatuh di atas tubuhnya. Diciumnya kening orang yang disayanginya, turun ke mata dan ke bibir. Lalu turun ke bawah, menciumi lekukan lehernya. Memberikan sebuah tanda yang tak akan pernah hilang. Bukan hanya sekedar tanda, namun makna perasaan yang tergores di sana.
Dibukanya kancing kemeja Ciel hingga kemeja itu terlepas dari tubuhnya. Dilihatnya kembali bekas luka yang ada di tubuhnya. Disentuhnya dengan jari-jarinya lalu dicium dengan bibir. Ciel yang pertama kali mendapat perlakuan lembut itu pun mulai menitikkan air matanya.
Disentuhnya tonjolan di dada Ciel dan dipilinnya agak kasar tapi lembut, membuat Ciel harus menahan desahannya.
"Enn…Uuh…Huu.." desahnya sambil menahan tangis.
"Kau menangis? Apa aku menyakitimu?" tanya Sebastian.
"Em-em." Ciel menggeleng-gelangkan kepalanya. "Tidak. Baru pertama kali ini ada yang menyentuhku dengan lembut." Katanya.
"Hmm.. Begitukah? Kalau begitu aku akan terus bersikap lembut padamu."
Lalu kembali Sebastian menyentuh tonjolan di dada Ciel, dan dilumatnya dengan mulutnya. Sesekali dijilatnya dengan lidahnya, hingga salivanya berceceran di dada Ciel. Lalu ciuman itu turun ke perutnya dan tangannya berusaha membuka resleting celana Ciel.
Kejantanan Ciel mulai tegak dan mengeras, dijilatnya kejantanan itu sambil sesekali dihisapnya. Tangan Sebastian pun kini mulai bermain di tonjolan di dada Ciel dan memilin-milinnya agak keras, namun Ciel begitu menikmatinya.
Dilumatnya kejantanan Ciel masuk ke dalam mulut Sebastian, keluar masuk dan sesekali lidahnya bermain di kejantanannya. Lalu digigitnya kecil-kecil di ujung kejantanannya, hingga membuat Ciel harus mendesah-desah keras menikmati permainan Sebastian.
Beberapa saat kemudian tubuhnya menegang dan keluarlah cairan putih dari kejantanannya.
Ditelannya habis cairan itu dari kejantanan Ciel dan masuk ke dalam mulut Sebastian.
Setelah itu diangkatnya tubuh Ciel ke atas ranjang, diposisikan menungging membelakangi dirinya. Lalu disentuhnya lubang milik Ciel dan kembali dijilatinya dengan lidahnya, sesekali ditusuk-tusuknya. Sebastian pun melumuri jarinya dengan salivanya lalu memasukkan satu persatu jarinya ke dalam lubang mulik Ciel. Ditusuk-tusuknya hingga membuat Ciel harus kembali mendesah hebat dan meremas-remas seprei di bawah tubuhnya.
"Uuh,.engg…"
"Kau sudah siap? Aku masukkan, ya?" tanya Sebastian.
"Emm… Onegaishimasu."
Sebastian pun memasukkan kejantanannya ke dalam lubang milik Ciel. Digerakkannya maju mundur seirama dengan tubuh Ciel yang mendorong keluar masuk kejantanan Sebastian yang mulai menyeruak ke dalam dinding prostatnya. Sekali hentakkan dari Sebastian membuat Ciel harus merasakan nikmat yang menjalar di tubuhnya. Diciumnya punggung tangan Ciel dan kemudian mereka kembali berciuman, saling bertukar saliva.
Setelah itu Sebastian berhenti sejenak dan merebahkan tubuh Ciel ke ranjang. Dan kembali kejantanannya menyeruak masuk ke dalam dinding prostatnya. Kaki Ciel pun mulai melingkar di punggung Sebastian dan tangannya mancengkeram erat lengan Sebastian.
"Ciel.. Panggil namaku. Sebut namaku dengan mulutmu." Suruh Sebastian.
"Enn.. Sebas..tian..nn.. Aah…" panggilnya. Sebastian tersenyum mendengar Ciel menyebut namanya. Lalu ditariknya tubuh Ciel naik ke pangkuannya dan tanpa harus mencabut kejantanannya yang masih menancap sempurna di lubang Ciel. Digerakkannya kembali naik turun oleh Ciel menambah sensasi gaya mereka sambil berciuman dengan ganasnya. "Uuh.. Sebas..tiann… Onegai, lebih cepat! Aku.. aku mau.. sam..pai..aakkkkhh…." teriak Ciel saat dirinya mulai mencapai klimaksnya. Hingga dirinya terjatuh dalam tubuh Sebastian.
"Uuh…" Sebastian pun ikut mencapai klimaksnya. Dia mengeluarkan cairan putih itu masuk ke dalam tubuh orang yang dicintainya itu. Dirinya lemas sesudah mencapai klimaksnya, lalu terjatuh di atas ranjangnya bersama Ciel. Sebastian memeluk Ciel, lalu mencium keningnya. "Oyasumi.." ucapnya.
Malam itu mereka tertidur berdua dan saling berpelukkan.

Beberapa hari kemudian Ciel pun tidak lagi menerima panggilan dari orang lain selain Sebastian. Ciel pun kini memutuskan kontrak dengan ayah Sebastian, walau dia tahu bahwa orang itu tidak akan pernah mau memutuskannya. Uang yang diberikannya pun dikembalikan pada ayah Sebastian. Dan Ciel hanya mau menerima uang dari Sebastian, karena kini tubuh maupun hatinya telah dijual padanya.
-The End-

Persahabatan SETAN dan MANUSIA

Ada seorang manusia yang bertemu dengan setan di waktu subuh..
Entah bagaimana awalnya,,
akhirnya mereka berdua sepakat mengikat tali persahabatan..

Ketika waktu subuh berakhir dan orang itu tidak mengerjakan shalat,
maka setan pun sambil tersenyum bergumam, "Orang ini memang pantas menjadi sahabatku..!"
Begitu juga ketika waktu dzuhur orang ini tidak mengerjakan shalat,
setan tersenyum lebar sambil membatin, " Rupanya inilah bakal teman sejatiku di akhirat nanti..!"
Ketika waktu ashar hampir habis tetapi temannya itu dilihatnya masih juga asik dengan kegiatannya, setan mulai terdiam......

Kemudian ketika datang waktunya magrib, temannya itu ternyata tidak shalat juga, maka setan nampak mulai gelisah, senyumnya sudah berubah menjadi kecut. Dari wajahnya nampak bahwa ia seolah-olah sedang mengingat-ngingat sesuatu.
Dan akhirnya ketika dilihatnya sahabatnya itu tidak juga mengerjakan shalat Isya, maka setan itu sangat panik.
Ia rupanya tidak bisa menahan diri lagi,, dihampirinya sahabatnya yang manusia itu sambil berkata dengan penuh etakutan, "Wahai sobat, aku terpaksa memutuskan persahabatan kita !".
Dengan keheranan manusia ini bertanya, "Kenapa engkau ingkar janji bukankah baru tadi pagi kita berjanji akan menjadi sahabat ?".
"Aku takut !",, jawab setan dengan suara gemetar. "Nenek moyangku saja yang dulu hanya sekali membangkang pada perintah-Nya, yaitu ketika menolak disuruh sujud pada Adam, telah dilaknat-Nya; apalagi engkau yang hari ini saja kusaksikan telah lima kali membangkang untuk bersujud pada-Nya. Tidak terbayangkan olehku bagaimana besarnya murka Allah kepadamu !", kata setan sambil ngeloyor pergi...

kecantikan wanita

Untuk membentuk bibir yg menawan, ucapkanlah kata-kata kebaikan. Untuk mendapatkan mata yg indah, carilah kebaikan pada setiap Orang yg anda jumpai. Untuk mendapatkan bentuk badan yg langsing, bagilah makanan kpd mereka yg kelaparan. Untuk mendapatkan rambut yg indah, mintalah anak kecil utk menyisirnya dgn jemari pd setiap hari. Untuk membentuk sikap tubuh yg indah, berjalnlah dgn segala ilmu pngetahuan dan anda tidak akn pernah berjalan sendiri.

Manusia yg melebihi makhluk ciptan Allah yg lain. Ia perlu sentiasa berubah, diperbaharui, dibentuk kembali, dan diampuni. Jd jgn pernah kecilkan seseorang di hati anda. Apabila anda sudah melakukan semuanya itu, ingatlah sentiasa, jika suatu ketika anda memerlukan pertolongan, akn ada tangan yg menghulur. Dan dgn bertambhnya usia anda, anda akn semakin mensyukuri kerana tlh diberi 2 tangan, satu utk menolong diri anda sendiri dan satu lg utk org lain..

Kecantikan wanita bkn terletak pd pakaian yg dikenakan, bkn pd bentuk tubuh atau cara dia menyisir rambutnya. Kecantikan wanita terletak pd mata, cara dia memandang dunia. Kerana di matanya terletak gerbang menuju ke setiap hti manusia, di mana cinta akn dpt berkembang.

Kecantikan wanita juga bkn pd kehalusan raut wajahnya. Tetapi pd kecantikan yg murni, terpancar pd jiwanya, yg penuh dgn kasih syg, memberikan perhatian dan cinta yg diberikan. Dan sbg seorg wanita, tdk harus membanggakan kecantikan yg kita miliki..

- Renung-renungkan lah dan Selamat beramal... huhu-

Sebelah Mata Ibu Padamu..!!! (Renungan)

bismillah hirohman nirohim..

Pada suatu masa, ibunya datang ke sekolah
untuk melihat-lihat keadaan belajar anaknya.
Dia sungguh malu
dan bersembunyi menghindar dari ibunya…
Dia tidak peduli
dan terus saja menghindar, bersembunyi…

Keesokan harinya…
teman-teman sekolah menertawai…nya…
“Eee… ibumu cuma punya satu mata…”

Ketika itu…
ia membenamkan dirinya…
Dia ingin ibunya hilang dari hidupnya…
Dia berkata pada ibunya:
“kalo hanya ingin membuat diri aku malu…
lebih baik kamu mati..!”

Ibunya…
hanya terdiam..!?

Dia pun terdiam dan berkata di dalam hati…
apa yang barusan ia katakan pada ibunya…
setelah amarah yang menguasai dirinya…
Dia tidak pedulikan perasaan ibunya…
dia ingin keluar dari rumah itu…

Kini dia juga telah mempunyai keluarga sendiri…

Suatu ketika ibunya datang ke rumahnya…
setelah beberapa lama tidak berjumpa…
Saat membuka pintu, seorang bocah kecil…
kaget dan menangis…
ketakutan melihat nenek tua
tanpa mata sebelah…

Ibu itu diusir seketika saja
oleh anaknya sendiri seraya berkata:
“kedatanganmu membuat anakku takut
dan menangis… pergi ‘Kau’..!”

“Maaf…
mungkin saya salah alamat…”
balas ibunya.

Beberapa minggu kemudian dia mendapat undangan…
reunian teman sekolah dulu…
Dan dia pun pulang sendiri ke kampung halamannya
untuk bertemu dengan teman lamanya dulu.

Setelah selesai menghadiri acara reunian tersebut…
tergerak hatinya…
ingin melihat-lihat rumah tempat ia tinggal dulu…

saat tiba di rumah, ia tidak menjumpai ibunya…
Seorang tetangga memberikan sepucuk surat kepadanya
dan berkata bahwa ibunya telah meninggal dunia…

Di dalam surat itu tertulis…

“…Anakku tercinta…
…setiap detik…
hati ibu selalu terbayang oleh wajahmu.
Kutahan lapar serta dahaga…
karena rindu kepadamu…

…maafkan ibu…
karena wktu itu ibu datang,
hanya ingin melihat wajahmu…

…maafkan ibu…
telah membuat anakmu menangis ketakutan
melihat wajah ibu… tanpa sebelah mata…

Kini kau telah kembali…
mungkin bisa bertemu dengan
teman-temanmu dulu…

Tapi…
kau tak akan melihat ibu lagi…

Dulu…
di saat ibu melahirkan kamu…
alangkah sedih hatiku…
melihat kau lahir di dunia ini…
tanpa sebelah mata…

Ibu cinta kepadamu…
dan…
kukorbankan sebelah mataku, untukmu…
agar kau bisa melihat keindahan dunia ini…
dengan leluasa…

…Anakku yang tersayang…
maafkan ibu…
karena bagi ibu, ini tiada guna
untuk ibu cerita padamu…
itu semua karena…
aku ikhlas dan benar cinta padamu…

Maafin ibu…

Siapa orang yang pertama kita hormati di dunia ini..?
“ibumu… ibumu… ibumu… dan ayahmu…”

Renungan Hati

kisah pohon apel

Suatu ketika, hiduplah sebatang pohon apel besar dan anak lelaki yang senang bermain-main di bawah pohon apel itu setiap hari. Ia senang memanjatnya hingga ke pucuk pohon, memakan buahnya, tidur-tiduran di keteduhan rindang daun-daunnya. Anak lelaki itu sangat mencintai pohon apel itu. Demikian pula pohon apel sangat mencintai anak kecil itu.

Waktu terus berlalu. Anak lelaki itu kini telah tumbuh besar dan tidak lagi bermain-main dengan pohon apel itu setiap harinya.
Suatu hari ia mendatangi pohon apel. Wajahnya tampak sedih.

"Ayo ke sini bermain-main lagi denganku," pinta pohon apel itu.
"Aku bukan anak kecil yang bermain-main dengan pohon lagi." jawab anak lelaki itu, "Aku ingin sekali memiliki mainan, tapi aku tak punya uang untuk membelinya."
"Aku tak punya uang... tetapi kau dapat mengambil semua buah apelku dan menjualnya. Kau bisa mendapatkan uang untuk membeli mainan kegemaranmu."

Anak lelaki itu sangat senang. Ia lalu memetik semua buah apel yang ada di pohon dan pergi dengan penuh suka cita. Namun, setelah itu anak lelaki tak pernah datang lagi. Pohon apel itu kembali sedih.

Suatu hari anak lelaki itu datang lagi. Pohon apel sangat senang melihatnya datang.
"Ayo bermain-main denganku lagi." kata pohon apel.
"Aku tak punya waktu," jawab anak lelaki itu, "Aku harus bekerja untuk keluargaku. Kami membutuhkan rumah untuk tempat tinggal. Maukah kau menolongku?"
"Aku tak memiliki rumah. Tapi kau dapat menebang semua dahan rantingku untuk membangun rumahmu."
Maka si anak lelaki menebang semua dahan dan ranting pohon apel itu dan pergi dengan gembira. Pohon apel itu juga merasa bahagia melihat anak lelaki itu senang, tapi anak itu tak pernah kembali lagi. Pohon apel itu kembali merasa kesepian dan sedih.

Pada suatu musim panas, anak lelaki itu datang lagi. Pohon apel merasa sangat bersuka cita menyambutnya.
"Ayo bermain-main lagi deganku." kata pohon apel.
"Aku sedih," kata anak lelaki itu. "Aku sudah tua dan ingin hidup tenang. Aku ingin pergi berlibur dan berlayar. Maukah kau memberi aku sebuah kapal untuk pesiar?"
"Aku tak punya kapal, tapi kau dapat mengambil sebagian batang tubuhku dan menggunakannya untuk membuat kapal yang kau mau"

Pergilah berlayar dan bersenang-senanglah. Kemudian, anak lelaki itu memotong batang pohon apel itu dan membuat kapal yang diidamkannya. Ia lalu pergi berlayar dan tak pernah lagi datang menemui pohon apel itu.

Akhirnya, anak lelaki itu datang lagi setelah bertahun-tahun kemudian.
Berkatalah pohon apel itu tersebut, "Aku sudah tak memiliki buah apel lagi untukmu. Aku juga tak memiliki batang dan dahan yang bisa kau panjat. Yang tersisa hanyalah akar-akarku yang sudah tua dan sekarat ini."

Jawab si anak lelaki, "Aku pun sudah tak memiliki gigi untuk mengigit buah apelmu dan aku sudah terlalu tua untuk memanjat batang dahanmu. Aku tak memerlukan apa-apa lagi sekarang kecuali tempat untuk beristirahat. Aku sangat lelah setelah sekian lama meninggalkanmu."

"Tahukah kau, akar-akar pohon tua adalah tempat terbaik untuk berbaring dan beristirahat. Mari, marilah berbaring di pelukan akar-akarku dan beristirahatlah dengan tenang."

Anak lelaki itu berbaring di pelukan akar-akar pohon.
Pohon apel itu tersenyum dan merasa begitu gembira hingga meneteskan air mata

Itu adalah cerita tentang kita semua. Pohon apel itu adalah orang tua kita.

Ketika kita kecil, kita senang bermain-main dengan ayah dan ibu kita.
Ketika kita tumbuh besar, kita meninggalkan mereka, dan hanya datang ketika memerlukan sesuatu atau dalam kesulitan.
Tak peduli apa pun, orang tua kita akan selalu ada di sana untuk memberikan apa yang bisa mereka berikan untuk membuat kita bahagia. Anda mungkin berpikir bahwa anak lelaki itu telah bertindak sangat kasar pada pohon itu, tetapi begitulah cara kita memperlakukan orang tua kita tanpa kita sendiri menyadari

OBSERVASI BANK MANAJEMEN KEUANGAN

OBSERVASI BANK MANAJEMEN KEUANGAN


Observasi Bank Manajemen Keuangan
Dari observasi yang di lakukan di beberapa bank antara lain: Bank Mandiri, dan Bank Pembangunan Daerah Jatim dapat kami simpulkan bahwa tingkat suku bunga dan biaya-biaya yang di cantumkan oleh kedua bank tersebut adalah:

KETERANGAN
BANK MANDIRI
Pembukaan awal
Biaya Administrasi
Biaya Buku tabungan
Biaya ATM
Saldo minimal dapat bunga
Rp       50.000
Rp         7.000
Rp   2.000/bln
Rp   3.000/bln
Rp.    500.000
Tingkat suku bunga
Tabungan Mandiri
Deposito 1 bulan
Deposito 3 bulan
Deposito 6 bulan
Deposito 12 bulan
Deposito 24 bulan

5 %
7 %
7 %
7,25 %
7 %
7 %


KETERANGAN
BPD JATIM
Pembukaan awal T. Simpeda
Pembukaan awal T. Siklus
Pembukaan awal T. Haji
Pembukaan awal Giro
Pembukaan Deposito minimal
B. Adm. Tabungan Simpeda
B. Adm. Tabungan Siklus
B. Adm. Tabungan Haji
Biaya Giro
Biaya buku tabungan
Biaya ATM
B. Adm / bln
Rp       50.000
Rp.      50.000
Rp.    100.000
Rp. 1.500.000
Rp.  1000.000
Rp.        2.500
Rp.       5.500.        
-
Rp.      15.000
Rp.        2.500
Rp.        3.000
Rp.        1.000
Tingkat suku bunga
Tabungan Simpeda
Tabungan Siklus
Tabungan Haji
Giro
Deposito 1 bulan
Deposito 3 bulan
Deposito 6 bulan
Deposito 12 bulan

5 %
5.5  %
0 %
4 %
9.25 %
9.25 %
9.25 %
9.25 %

Manajemen Sumber Daya Manusia, evolusi konsep (manajemen)

Manajemen Sumber Daya Manusia berakar dari revolusi industri, dimana penyebaran industrialisasi telah memberikan tekanan pada kemampuan bisnis dalam hal menggaji, melatih, dan mengendalikan sejumlah besar karyawan yang dimilikinya dalam Manajemen Sumber Daya Manusia ini. Pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20 terjadi perubahan besar pada peraturan pemerintah dan relasi-relas buruh berkaitan dengan berkembangnya bidang ini. Manajemen Sumber Daya Manusia hadir secara menonjol pada pertengahan abad ke-20, yang dibantu dan dipengaruhi oleh berkembangnya kajian-kajian perilaku dan organisasi. Pada tahun 1948 telah terbentuk The Society for Human Resource Management yang semula bernama American Society for Personnel Administration . Semenjak saat itu, bidang ini menjadi profesi yang dikenal secara luas baik pada praktisi maupun peneliti (questia.com, 2004). Bagaaimana di Indonesia, dimana era agraris, industri, dan informasi berjalan beriringan? Konsep SDM (sumber daya manusia) pada umumnya memang digunakan dalam bidang manajemen maupun psikologi industri dan organisasi. Konsep ini ternyata telah mengalami perubahan dari waktu ke waktu, terutama dalam beberapa dekade terakhir. Berdasarkan istilahnya, semula memiliki nama (manajemen) personalia, lalu berubah menjadi sumber daya manusia, dan dewasa ini muncul istilah human capital. Dengan menggunakan kamus, website, dan buku teks sejak tahun 1980an, makalah ini mencoba mengkaji evolusi konsep MSDM. Hasil penelitian lalu dianalisis secara kualitatif dengan cara mengkoding berdasarkan tema-tema, antara lain: tahun/dekade, isi, serta transisi perubahannya. Hasilnya diharapkan dapat dijadikan pertimbangan dalam penerapannya di Indonesia.

SISTEM MANAGEMENT INFORMASI E-BUSINESS



BAB I
Pendahuluan
Latar Belakang
Perkembangan sistem informasi manajemen telah menyebabkan terjadinya perubahan yang cukup signifikan dalam pola pengambilan keputusan yang dilakukan oleh manajemen baik pada tingkat operasional (pelaksana teknis) maupun pimpinan pada semua jenjang. Perkembangan sistem informasi manajemen ini juga telah menyebabkan perubahan-perubahan peran dari para manajer dalam pengambilan keputusan, mereka dituntut untuk selalu dapat memperoleh informasi yang paling akurat dan terkini yang dapat digunakannya dalam proses pengambilan keputusan.

Meningkatnya penggunaan teknologi informasi, khususnya internet, telah membawa setiap orang dapat melaksanakan berbagai aktivitas dengan lebih akurat, berkualitas, dan tepat waktu. Setiap organisasi dapat memanfaatkan internet dan jaringan teknologi informasi untuk menjalankan berbagai aktivitasnya secara elektronis.

Tujuan :
Mahasiswa mengerti tentang model sistem e-business
Mahasiswa mengerti tentang cross functional integrated enterprise application antara lain EAI (Enterprise Application Integration), ERP (Enterprise Resource Planning), CRM (Customer Relationship Management)


BAB II 
Pembahasan
Sistem E-Business
E-Business merupakan kegiatan berbisnis di Internet yang tidak saja meliputi pembelian, penjualan dan jasa, tapi juga meliputi pelayanan pelanggan dan kerja sama dengan rekan bisnis (baik individual maupun instansi). 
E-business diturunkan dari istilah seperti “e-mail” dan “e-commerce”, yaitu bisnis di internet. E-business adalah istilah yang lebih umum dari e-commerce karena tidak hanya mengarah pada aktifitas membeli dan menjual melainkan melayani konsumen dan bekerja sama dengan rekan-rekan bisnis lainnya atau dengan kata lain E-business merupakan interaksi dengan rekan-rekan bisnis.
Salah satu yang pertama kali menggunakan istilah tersebut adalah IBM, bulan oktober 1997. sekarang perusahaan-perusahaan besar kembali memikirkan bisnis mereka di dalam hal internet dengan kebudayaan dan kemampuanya yang baru. Perusahaan-perusahaan sekrang menggunakan web untuk membeli peralatan dan persediaan dari perusahaan lain untuk kemudian bekerja sama dalam promosi penjualan, dan mereka melakukan penelitian bersama-sama. Dengan memanfaatkan kenyamanan , keberadaan dan jangkauan yang mencapai seluruh dunia, banyak perusahaan seperti Amazon.com dan eBay.com. 
E-business adalah sebuah ilmu untuk membawa proses kepada orang yang tepat dan mengajak orang untuk tertarik pada produk itu sehingga membelinya. Tanpa e-business, ecommerce hanya sebuah mobil tanpa bahan bakar.
Fungsi dari e business yaitu untuk mensupport bagian dari marketing, produksi, accounting, finance, dan human resource management. Proses transaksi online memegang peranan yang sangat penting pada e-business

Pembagian E-Bisnis 

E-BUSINESS dibagi menjadi 4 bagian : 

1. Customer Relationship Management (CRM) : sistem kustomisasi real time yang memanajemen kustomer dan melakukan personalisasi produk dan servis berdasarkan keinginan customer atau menyangkut hubungan antaraØ perusahaan dengan konsumen yang meliputi : Sales, pemasaran, data-data penjualan dan pelayanan,  anggapan dari konsumen. 

2. Enterprise Resource Planning (ERP) : sistem informasi pendukung e-business, yang menyediakan berbagai macam kebutuhan perusahaan seperti supply chain, CRM, marketing, warehouse, shipping, dan payment, serta mampu melakukan otomatisasi proses bisnis atau  menyangkut hubungan dalam-internal perusahaan tersebut, yang meliputi : Production planning, integrated logistics, Accounting and Finance, Human Resource, Sales and distribution, order management.

3. Enterprise Aplication Program (EAI) : merupakan konsep integrasi berbagai proses bisnis dengan memperbolehkan mereka saling bertukar data berbasis message. EAI berfungsi sebagai penghubung ERP dengan SCM atau ERP dengan CRM. 

4. Supply Chain Management (SCM) : manajemen rantai supply secara otomatis terkomputerisasi. SCM menyangkut hubungan antara perusahaan dengan supplier.

E-BISNIS terbagi menjadi 4 bagian yang telah disebutkan diatas, namun kelompok kami akan menjelaskan yang tertera pada sub pokok bahasan yaitu mengenai ERP dan CRM secara detail.

Enterprise Resource Planning (ERP)

ERP adalah sebuah sistem informasi perusahaan yang dirancang untuk mengkoordinasikan semua sumber daya, informasi dan aktifitas yang diperlukan untuk proses bisnis lengkap. Sistem ERP didasarkan pada database pada umumnya dan rancangan perangkat lunak modular.
ERP merupakan software yang mengintegrasikan semua departemen dan fungsi suatu perusahaan ke dalam satu system komputer yang dapat melayani semua kebutuhan perusahaan, baik dari departemen penjualan, HRD, produksi atau keuangan. Syarat terpenting dari sistem ERP adalah Integrasi Integrasi yang dimaksud adalah menggabungkan berbagai kebutuhan pada satu software dalam satu logical database, sehingga memudahkan semua departemen berbagi informasi dan berkomunikasi. 
Database yang ada dapat mengijinkan setiap departemen dalam perusahaan untuk menyimpan dan mengambil informasi secara real-time. Informasi tersebut harus dapat dipercaya, dapat diakses dan mudah disebarluaskan. Rancangan perangkat lunak modular harus berarti bahwa sebuah bisnis dapat memilih modul-modul yang diperlukan, dikombinasikan dan disesuaikan dari vendor yang berbeda, dan dapat menambahkan modul baru untuk meningkatkan unjuk kerja bisnis.

TUJUAN DAN PERANANNYA DALAM ORGANISASI
Tujuan sistem ERP adalah untuk mengkoordinasikan bisnis organisasi secara keseluruhan.
ERP merupakan software yang ada dalam organisasi/perusahaan untuk Otomatisasi dan integrasi banyak proses bisnis serta pelanggan. 
Perusahaan membutuhkan jasa konsultasi, kustomisasi dan jasa pendukung.
Migrasi data adalah salah satu aktifitas terpenting dalam menentukan kesuksesan dari implementasi ERP. Sayangnya, Migrasi data merupakan aktifitas
terakhir sebelum fase produksi 

IMPLEMENTASI ERP 
Implementasi sistem ERP tergantung pada ukuran bisnis, ruang lingkup dari perubahan dan peran resiko kehilangan informasi sensitif, jika terdapat pembobolan sistem keamanan. 
Sistem dapat terlalu kompleks jika dibandingkan dengan kebutuhan dari pelanggan 
Data dalam sistem ERP berada dalam satu tempat, contohnya : pelanggan, data keuangan. Hal ini dapat meningkatkan resiko kehilangan informasi sensitif, jika terdapat pembobolan sistem keamanan

KESUKSESSAN IMPLEMENTASI  ERP 
Langkah strategi migrasi data yang dapat menentukan kesuksesan implementasi ERP: 
Mengidentifikasi data yang akan di migrasi
Menentukan waktu dari migrasi data 
Membuat template data 
Menentukan alat untuk migrasi data
Memutuskan persiapan yang berkaitan dengan migrasi
Menentukan pengarsipan data

KELEBIHAN ERP
Integrasi antara area fungsional yang berbeda untuk meyakinkan komunikasi, produktifitas dan efisiensi yang tepat. 
Rancangan Perekayasaan
Pelacakan pemesanan dari penerimaan sampai fulfillment
Mengatur saling ketergantungan dari proses penagihan material yang kompleks 
Pelacakan 3 cara yang bersesuaian antara pemesanan pembelian, penerimaan inventori, dan pembiayaan
Akuntasi untuk keseluruhan tugas: melacak pemasukan, biaya dan keuntungan pada level inti

KELEMAHAN ERP 
Terbatasnya kustomisasi dari perangkat lunak ERP
Sistem ERP sangat mahal 
Perekayasaan kembali proses bisnis untuk menyesuaikan dengan standar industri yang telah
dideskripsikan oleh sistem ERP dapat menyebabkan hilangnya keuntungan kompetitif. 
ERP sering terlihat terlalu sulit untuk beradaptasi dengan alur kerja dan proses bisnis tertentu dalam beberapa organisasi.
Sistem dapat terlalu kompleks jika dibandingkan dengan kebutuhan dari pelanggan 
Data dalam sistem ERP berada dalam satu tempat, contohnya : pelanggan, data keuangan. Hal ini dapat meningkatkan :
Membagi database yang umum dan praktek bisnis melalui enterprise.
Menghasilkan informasi yang real-time
Memungkinkan perpaduan proses transaksi dan kegiatan perencanaan

TAHAPAN EVOLUSI ERP
Tahap I : Material Requirement Planning (MRP) Merupakan cikal bakal dari ERP, dengan konsep perencanaan kebutuhan material
Tahap II: Close-Loop MRP Merupakan sederetan fungsi dan tidak hanya terbatas pada MRP, terdiri atas alat bantu penyelesaian masalah prioritas dan adanya rencana yang dapat diubah atau diganti jika diperlukan.
Tahap III: Manufakturing Resource Planning (MRP II) Merupakan pengembangan dari close-loop MRP yang ditambahkan 3 elemen yaitu: perencanaan penjualan dan operasi, antarmuka keuangan dan simulasi analisis dari kebutuhan yang diperlukan.
Tahap IV: Enterprise Resource Planning Merupakan perluasan dari MRP II yaitu perluasan pada beberapa proses bisnis diantaranya integrasi keuangan, rantai pasok dan meliputi lintas batas fungsi organisasi dan juga perusahaan dengan dilakukan secara mudah
Tahap V: Extended ERP (ERP II) Merupakan perkembangan dari ERP yang diluncurkan tahun 2000, serta lebih konflek dari ERP sebelumnya.

MODUL ERP
Manufacturing 
Supply Chain Management 
Financials 
Projects 
Human Resources 
Customer Relationship Management 
Data warehouse 
Access Control 
Customization

Customer Relationship Management (CRM)

CRM adalah strategi bisnis yang terdiri dari software dan layanan yang didesain untuk meningkatkan keuntungan (profit), pendapatan (revenue) dan kepuasan pelanggan (customer satisfaction). Secara khusus CRM berusaha memberikan layanan yang sifatnya professional sehingga dapat memberikan kepuasaan yang tinggi pada pelanggannya.

Cara Kerja CRM
Dengan membantu berbagai bentuk perusahaan untuk mengidentifikasi pelanggannya dengan tepat, memperoleh lebih banyak pelanggan dengan lebih cepat, dan mempertahankan kesetiaan pelanggannya. Sistem CRM berusaha menyediakan sebuah pendekatan terintegrasi terhadap semua aspek dalam perusahaan dalam kaitannya dengan pelanggannya, yang meliputi marketing, sales dan support.

Tujuan system CRM yaitu dengan penggunaan tekhnologi diharapkan terjadi jalinan hubungan yang kuat antara perusahaan dan pelanggannya. Dengan kata lain, perusahaan berusaha mengelola kinerja perusahaannya dengan lebih baik.

Sistem CRM dalam Proses Bisnis :
Bnyak paket software diciptakan untuk memudahkan customer relationship,tetapi kebanyakan tergantung dari perolehan, updating dan utilisasi profil individu pelanggan. Profil-profil pelanggan biasanya disimpan dalam data warehouse, dan datamining digunakan untuk mengekstrasi informasi yang berhubungan dengan perusahaan dari pelanggan yang bersangkutan. Selanjutnya profil pelanggan ini terhubung secara online sehingga mereka yang bekerja dalam perusahaan itu dapat menghubungi pelanggan yang bersangkutan. Selain itu web based front-ends telah diciptakan sehingga pelanggan dapat menghubungi perusahaan secara online untuk memperoleh informasi mengenai produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan itu, memesan order, mengecek status order yang ada, memperoleh jawaban atas pertanyaan yang diajukan atau untuk memperoleh layanan. Paket software CRM membantu perusahaan untuk memasarkan, menjual dan melayani pelanggan melalui multimedia, termasuk Web, call centers, field representatives, business partners, retail dan dealer networks. Contohnya : KRS Online, Asuransi.

Tujuan dan Manfaat Implementasi E-Bisnis 

Tujuan implementasi e-bisnis adalah untuk mendukung efisiensi dan integritas pengelolaan data Sumber Daya Manusia, Keuangan, Supply Chain Management/Logistic Management. Selain itu berfungsi sebagai sarana komunikasi dan informasi bagi public dan stakeholders lainnya. Dengan berbasiskan internet, sistem ini dapat diakses dimana saja sesuai dengan hak akses yang telah ditentukan.

Manfaat implementasi e-bisnis adalah : 
Ø Meningkatkan kinerja operasional perusahaan.
Ø Meningkatkan peluang akses ke pasar, pemasok dan pendanaan yang sangat luas.
Ø Meningkatkan efisiensi perusahaan.
Ø Mempermudah pengelolaan asset perusahaan.
Ø Meningkatkan kualitas layanan terhadap pelanggan.
Ø Meningkatkan komunikasi seluruh stakeholders.
Ø Mengatasi kesenjangan digital.
Ø Media mempromosikan kompetensi perusahaan.
Ø Memperlancar transaksi bisnis.
Ø Sarana penyebaran informasi secara luas.
Ø Dll.

Manfaat E-Bisnis bagi perusahaan, customer dan masyarakat

Bagi Perusahaan
Memperluas pasar hingga mencakup pasar nasional dan pasar global, sehingga perusahaan bias menjangkau lebih banyak pelanggan, memilih pemasok terbaik dan menjamin relasi dengan mitra bisnis yang dinilai paling cocok.
 Menekan biaya menyusun, memproses, mendistribusikan, menyimpan dan mengakses informasi berbasis kertas (paperbased information).
 Memungkinkan perusahaan mewujudkan bisnis yang sangat terspesialisasi. Contohnya: www.dogtoys.com, www.cattoys.com dan www.pawprintbooks.com. 
Menekan biaya persediaan dan overhead dengan cara memfasilitasi manajemen rantai nilai bertipe “pull”, yang prosesnya berawal dari pesanan pelanggan dan menggunakan pemanufakturan just-intime (JIT).
Memungkinkan perusahaan untuk menerapkan mass customization terhadap produk dan jasanya.
Menekan waktu antara pemabyaran dan penerimaan produk/jasa.
Meningkatkan prouktifitas karyawan melalui rekayasa ulang proses bisnis.
Menekan biaya telekomunikasi.
 Manfaat-manfaat lainnya, seperti citra yang lebih baik, layanan pelanggan yang lebih bagus, proses yang lebih sederhana, mitra bisnis yang baru, waktu siklus dan pengiriman yang lebih murah dan fleksibilitas yang lebih tinggi.
 Fenomena jejaring (internetworking) memaksa perusahaan untuk bekerjasama dengan berbagai mitra bisnis untuk dapat menawarkan produk atau jasa secara kompetitif, sehingga control kualitas, harga dan kecepatan penciptaan sebuah produk atau jasa kerap sangat ditentukan oleh faktor-faktor luar yang tidak berada di dalam control perusahaan.

 Bagi Customer
Memungkinkan konsumen berbelanja atau melakukan transaksi lainnya setiap saat (24 jam sehari) dan dari hampir semua lokasi.
Memberikan pilihan produk dan pemasok yang lebih banyak kepada pelanggan.
 Memungkinkan konsumen dalam mendaptakan produk dann jasa yang lebihmurah, karena konsumen biasa berbelanja di banyak tempat dan melakukan perbandingan secara cepat.
 Dalam beberapa kasus, terutama produk yang terdigitalisasi, e-business memungkinkan pengiriman produk secara cepat dan real-time.
Memungkinkan pelanggan untuk berpartisipasi dalam lelang virtual.
 Memungkinkan pelanggan berinteraksi dengan pelanggan lainnya dalam electronic communities dan saling bertukar gagasan serta pengalaman.
Memfasilitasi kompetisi yang mengarah pada diskon substansial bagi pelanggan.

 Bagi Masyarakat Luas
Memungkinkan lebih banyak orang bekerja di rumah dan lebih jarang bepergian untuk berbelanja, sehingga kemacetan dan polusi udara bisa berkurang.
Memungkinkan beberapa jenis barang dijual dengan harga murah, sehingga bias terjangkau oleh orang yang kurang mampu.
 Memungkinkan masyarakat di negara berkembang dan kawasan pedalaman menikmati produk dan jasa yang relatif langka di tempat tinggalnya, termasuk di dalamnya belajar jarak jauh lewat university.
 Memfasilitasi penyampaian jasa publik, seperti pelayanan kesehatan, pendidikan, dan distribusi layanan social pemerintah secara lebih murah dan/atau berkualitas.

Empat Tahap Evolusi e-Business

- Tahap Inform
Pada tahap awal ini, yang  terjadi adalah adanya unit-unit kecil di dalam perusahaan yang mulai mencoba membangun program-program kecil (software) berbasis internet.
- Tahap Automate
Tahap berikutnya adalah mencoba untuk mengintegrasikan beberapa unit di dalam perusahaan yang masing-masing telah mengimplementasikan konsep kecil e-business. Yang menjadi dasar penggabungan modul-modul ini biasanya adalah sebuah rangkaian proses yang saling berhubungan.
- Tahap Integrate
Tahap selanjutnya dari pengembangan aplikasi e-business adalah mengintegrasikan proses bisnis perusahaan dengan perusahaan atau entiti-entiti lain yang ada di luar perusahaan.
- Tahap Reinvent
Tahap terakhir di dalam evolusi dapat secara efektif diimplementasikan jika ada perubahan paradigma mendasar dari manajemen perusahaan, terutama yang berkaitan dengan cara mereka melihat bisnis yang ada.

Security Dalam E-Business
Security Beberapa metode pengamanan data dalam transaksi E-Commerce dan E-Bussines yaitu Kriptografi Public Key yang merupakan sistem asimetris (tidak simetris) menggunakan beberapa key untuk pengenkripsian yaitu public key untuk enkripsi data dan private key untuk dekripsi data. Public key disebarkan ke seluruh dunia sementara private key tetap disimpan. Siapapun yang memiliki public key tersebut dapat mengenkripsi informasi yang hanya dapat dibaca oleh seseorang yang memiliki private key walaupun anda belum pernah mengenal bahkan tidak tahu sama sekali siapa yang memiliki public key tersebut. Contoh : Elgamal , RSA , DSA. Keuntungan : memberikan jaminan keamanan kepada siapa saja yang melakukan pertukaran informasi meskipun diantara mereka tidak ada persetujuan mengenai keamanan data terlebih dahulu maupun saling tidak mengenal satu sama lain :
Kriptografi Gabungan (PGP)
Mengkombinasikan bagian-bagian yang memiliki sifat terbaik yang ada pada kedua teknik kriptografi tersebut yaitu kriptografi konvensional dan kriptografi public key. PGP sering disebut dengan kriptosistem gabungan (hybrid cryptosystem).
Keuntungan : kombinasi keamanan distribusi public key dan kecepatan enkripsi dari konsep konvensional.
Cara kerja PGP
Ketika user mengenkripsi data untuk menggunakan PGP yang dilakukan oleh PGP pertama kali adalah mengkompres teks biasa (plaintext) terlebih dahulu yang dapat mengurangi pola-pola yang ada pada plaintext sehingga dapat mempertinggi daya tahan terhadap serangan karena pada umumnya penyerang (attacker) memanfaatkan pola-pola yang ada pada plaintext untuk meng-crack chiper. Kompresi tersebut menyimpan informasi penting seperti waktu transmisi modem , disk space dan hal penting lainnya yang dapat memperkuat keamanan kriptografi. Kemudian PGP membuat session key yang merupakan private key yang bersifat tercipta hanya pada saat itu juga (one-time only).Key ini merupakan hasil pengacakan yang didapat dari pergerakan mouse , tuts keyboard dan sebagainya dengan menggunakan algoritma konvensional yang sangat cepat untuk mengenkripsi plaintext menjadi teks terenkripsi kemudian session key ini dienkripsi menggunakan public key.

Hasil ini bersama-sama dengan teks terenkripsi tadi , akhirnya dikirim. Untuk proses dekripsi , penerima menerima paket tersebut menggunakan private key untuk mendekripsi session key dahulu. Lalu dengan session key tersebut , penerima dapat mengenkripsi teks terenkripsi tersebut menjadi teks biasa kembali.
Kriptografi Public Key
Merupakan sistem asimetris (tidak simetris) menggunakan beberapa key untuk pengenkripsian yaitu public key untuk enkripsi data dan private key untuk dekripsi data. Public key disebarkan ke seluruh dunia sementara private key tetap disimpan.
Siapapun yang memiliki public key tersebut dapat mengenkripsi informasi yang hanya dapat dibaca oleh seseorang yang memiliki private key walaupun anda belum pernah mengenal bahkan tidak tahu sama sekali siapa yang memiliki public key tersebut. Contoh : Elgamal , RSA , DSA.
Keuntungan : memberikan jaminan keamanan kepada siapa saja yang melakukan pertukaran informasi meskipun diantara mereka tidak ada persetujuan mengenai keamanan data terlebih dahulu maupun saling tidak mengenal satu sama lain

Kategori E-Bisnis.

Jenis E-Bisnis Karakteristik
B2C (Bussiness to Consumers) Ø Anatara organisasi dengan perorangan. 
Nilai uang yang dilibatkan lebih kecil.
Transaksi tidak sering terjadi.
Secara relatif sederhana.
B2B (Bussiness to Bussiness)
B2G (Bussiness to Government)
B2E (Bussiness to Education) 
Antar organisasi
Nilai uang yang dilibatkan lebih besar
Hubungan yang kuat dan berkelnjutan
Pemberian kredit oleh penjual ke pelanggan
Lebih kompleks

Pengaruh E-Bisnis Atas Aktivitas-aktivitas Rantai Nilai

Rantai Nilai-Aktivitas Utama Peluang E-Bussiness
Logistik lingkar dalam
Akuisisiproduk yang dapat digitalkan
Pengurangan persediaan penyangga
Operasi
Produksi yang lebih cepat, lebih akurat
Logistik lingkar luar
Distribusi produk yang dapat digitalkan
Pelacakan status berkelanjutan
Penjualan dan pemasaran 
Peningkatan pelayanan ke pelanggan
Pengurangan biaya iklan
Periklanan dengan lebih efektif
Pelayanan dan dukungan purna jual
Mengurangi biaya
Ketersediaan pelayanan 24/7
Pembelian
 Sumber daya manusia
Infrastruktur 
Identifikasi sumber dan lelang terbalik
Pelayanan mandiri karyawan
EFT, FEDI, Pembayaran elektronik lainnya 

Faktor-faktor keberhasilan E-Bussiness

Terdapat dua faktor penting dalam menetapkan keberhasilan langkah-langkah untuk masuk dalam e-business :
Faktor pertama adalah tingkat kesesuaian dan dukungan aktivitas e-business atas strategi keseluruhan perusahaan.
Faktor kedua adalah kemampuan untuk menjamin bahwa proses e-business memenuhi tiga karakteristik kunci yang dibutuhkan dalam transaksi bisnis apapun, yaitu : Validitas, Integritas, dan Privasi.

BAB III
PENUTUP

Kesimpulan

Dua hal yang penting dari E-business adalah yang pertama, teknologi informasi atau sering disebut Internet, yang memungkinkan kita untuk melakukan transaksi bisnis secara elektronik. Yang kedua adalah orang, dimana pekerjaan yang ada sekarang penuh dengan orang-orang yang lebih akrab dengan kemajuan teknologi dibandingkan dengan dua pulih tahun yang lalu.
Perdagangan Elektronik (E-Bisnis) adalah penggunaan sistematik teknologi maju jaringan dan komunikasi untuk memperbaikai cara perusahaan berinteraksi dengan para pelanggan dan para pemasok. Saat ini, perdagangan elektronis bukan merupakan pilihan, namun merupakan sebuah persyaratan dasar bagi perusahaan untuk dapat eksis dan memenangkan persaingan yang semakin tajam diantara perusahaan baik dalam skala local, nasional, regional maupun internasional.

MANAJEMEN TENTANG HUBUNGAN STUDI KELAYAKAN BISNIS DENGAN ASPEK LINGKUNGAN HIDUP


BAB I
PENDAHULUAN
Seperti telah disinggung pada bagian – bagian depan bahwa aspek lingkungan hidup perlu juga dianalisis kelayakannya. Disesuaikan dengan tujuan penulisan buku ini, analisis lingkungan hidup yang akan dijelaskan, mengacu pada analisis AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan ).

A.Mengapa Amdal ?

Analisis Dampak Lingkungan sudah dikembangkan oleh beberapa negara maju sejak tahun 1970 dengan nama Environmental impact analysis atau environmental impact Assesment yang keduanya disingkat EIA. AMDAL diperlukan untuk melakukan suatu studi kelayakan dengan dua alasan pokok, yaitu:

1.Karena undang – undang dan peraturan pemerintah menghendaki demikian.Jawaban ini                                                                        cukup efektif untuk memaksa para pemilik proyek yang kurang memperhatikan kualitas lingkungan dan hanya memikirkan keuntungan proyeknya sebesar mungkin tanpa menghilangkan dampak samping yang timbul.
2.AMDAL harus dilakukan agar kualitas lingkungan tidak rusak dengan beroperasinya proyek – proyek poroduksi. Manusia dalam usahanya untuk memenuhi kebutuhan dan meningkatkan kesejahteraan melakukan aktivitas yang makin lama makin mengubah lingkuangannya.Pada awalnya perubahan lingkungan itu belum menjadi masalah,tapi seteleh perubahan itu menjadi di luar ambang batas,maka manusia tidak dapat mentolerir lagi perubaahan yang merugikan itu.
Pemrakarsa proyek harus membuat AMDAL dengan konsekuensi ia harus mengeluarkan biaya.Tanggung jawab penyelenggara Amdal ini buksn berarti harus diemban pemrakarsa proyek itu sendiri.Ia dapat menyerehkan penyelenggaraan ini kepada konsultan swasta atau pihak lain atas dasar saran dari pemerintah.Namun,pemrakarsa proyek tetap sebagai pihak yang bertanggung jawab,bukan pihak konsultan swasta pembuat AMDAL tersebut.


B.KEGUNAAN AMDAL

AMDAL bukan suatu proses yang berdiri sendiri melainkan bagian dari proses AMDAL yang lebih besar dan penting,menyeluruh dan utuh dari perusahaan dan lingkungannya,sehingga AMDAL  dapat dipakai untuk mengelola dan memantau proyek dan lingkuangannya deengan menggunakan dokumen yang benar.
Selanjutnya,beberapa peran AMDAL dijelaskan sebagai berikut :

Peran AMDAL dalam pengelolaan lingkuangan.Aktivitas pengelola lingkungan baru dapat dilakukan apabila rencana pengelolaan lingkungan  telah disusun berdasarkan perkiraan dampak lingkungan yang akan timbul akibat dari proyek yang akan dibangun.Dalam kenyataan nanti,apabila dampak lingkungan yang telah diperkirakan jauh berbeda dengan kenyataan, ini dapat saja terjadi  karena kesalahan-kesalahan dalam menyusun AMDAL atau pemilik proyek tidak menjalankan proyeknya sesuai AMDAL.Agar dapat dihindari kegagalan ini maka pemantauan haruslah dilakukan sedini mungkin,sejak awal pembangunan,secara terus menerus dan teratur.

Peran AMDAL dalam pengelolaan proyek.AMDAL merupakan salah satu studi kelayakan lingkungan yang diisyaratkan untuk mendapatkan perizinan selain aspek-aspek studi kelayakan yang lain seperti aspek teknis dan ekonomis.Seharusnya AMDAL dilakukan bersama-sama ,di mana masing-masing aspek dapat memberikan masukan  untuk aspek-aspek lainnya sehingga penilaian yang optimal terhadap proyek dapat diperoleh.Kenyataan yang biasa terjadi adalah bahwa hasil studi kelayakan untuk aspek lingkungan tidak dapat menghasilkan kesesuaian didalam studi kelayakan untuk aspek lainnya.Bagian dari Amdal yang dapat diharapkan oleh aspek teknis dan ekonomis biasanya adalah sejauh mana keadaan lingkungan dapat menunjang perwujudan proyek,terutama sumber daya yang diperlukan proyek tersebut seperti air,energi,manusia,dan ancaman alam sekitar.

AMDAL sebagai dokumen penting.Laporan AMDAL merupakan dokumen penting sumber informasi yang detail mengenai keadaan lingkungan pada waktu penelitian proyek dan gambaran keadaan lingkungan di masa setelah proyek dibangun.Dokumen ini juga penting untuk evaluasi,untuk membangun proyek yang lokasinya berdekatan dan dapat digunakan sebagai alat legalitas.


C.PERATURAN DAN PERUNDANG – UNDANGAN

Langkah awal tim AMDAL dalam melakukan studi adalah memahami peraturan dan perundangan yang berlaku mengenai lingkungan hidup di lokasi tempat studi AMDAL dilakukan. Sumber peraturan dan  perundangan tersebut ada yang berlaku secara internasional dan ada juga yang berlaku untuk suatu negara saja. Dalam satu negara, dapat saja peraturan dan perundangannya berbeda menurut propinsi dan sektornya.

Berlaku secara internasional. Peraturan – peraturan yang bersifat internasional penting diperhatikan terutama oleh mereka yang melakukan studi AMDAL yang dampak proyeknya akan melampaui daerah yang digunakan secara internasional, seperti misalnya proyek yang limbahnya akan dibuang ke laut atau limbah yang dapat ditiup angin sampai jatuh ke negara lain, seperti misalnya hujan asam.Peraturan –peraturan yang berlaku secara internasional mengenai AMDAL dapat berupa deklarasi, perjanjian – perjanjian bilateral maupun multilateral. Sebagai contoh adalah deklarasi Stockholm yang disebut Declarationof the United Nations Conference on the Human Environment yang oleh semua negara anggota PBB tahun 1972.Berlaku di Dalam Negeri.Di indonesia, peraturan dan perundang – undangan dapat dijumpai pada tingkat nasipnal, sektoral maupun regional / daerah. Peraturan Pemerintah RI nomor 51 tahun 1993 tentang Analisis mengenai Dampak lingkungan merupakan peraturan baru pengganti dari Peraturan Pemerintah RI nomor 26 tahun 1986.
 Peraturan pemerintah ini ditindak lanjuti oleh SK Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 10- 15 tahun 1994. Isi dari peraturan pemerintah ini penulis sajikan ulang untuk hal- hal yang dianggap paling penting dari sisi bisnis.

D. KOMPONEN AMDAL

Yang didimaksudkan dengan AMDAL adalah suatu hasil studi mengenai dampak suatu kegiatan yang direncanakan dan diperkirakan mempunyai dampak penting terhadap lingkungan hidup. Analisis ini meliputi keseluruhan kegiatan pembuatan 5 ( lima ) dokumen yang terdiri dari PIL (penyajian Informasi Lingkungan ), KA (Kerangka Acuan), ANDAL (Analisis Dampak Lingkungan ), RPL (Rencana Pemantauan Lingkungan ), dan RKL (Rencana Pengelolaan Lingkungan). ANDAL (Analisis Dampak Lingkungan ) adalah telaahan secara cermat dan mendalam tentang dampak penting suatu kegiatan yang direncanakan. Arti dampak penting di sini adalah perubahan lingkungan yang amat mendasar yang di akibatkan oleh suatu kegiatan. Yang perlu digaris bawahi dari pengertian diatas adalah tidak semua rencana kegiatan harus dilengkapi dengan ANDAL karena ia hanya diterapkan pada kegiatan yang diperkirakan akan mempunyai dampak terhadap lingkungan hidup.

E. SISTEMATIKA PENGELOLAAN LINGKUNGAN

AMDAL merupakan suatu proses yang panjang dengan sistematika urutan langkahtertentu menurut PP 29 tahun 1986.

1. Usulan Proyek. Usulan proyek datang dari pemprakarsa,  yaitu orang atau badan yang mengajukan dan bertanggung jawab atas suatu rencana kegiatan yang dilaksanakan.
2. Penyajian Informasi Lingkungan. Usulan proyek kemudian mengalami penyaringan yang bertujuan untuk menentukan perlu atau tidak perlu dile4ngkapi dengan ANDAL. Penyaringan dilakukan dengan Penyajian Informasi Lingkungan atau disebut PIL.
- perlu dibuatkan ANDAL, karena dinilai proyek akan menimbulkan dampak               penting terhadap lingkungan
   - tidak perlu dibuatkan ANDAL, karena diperkirakan tidak akan menimbulkan  
              dampak penting .                  
   -  PIL kurang lengkap dan dikembalikan ke pemprakarsa proyek untuk perbaikan
  Sebelum diajukan kembali.

3.Menyusun Kerangka Acuan

Bila instansi yang bersangkutan memutuskan perlu membuat ANDAL, pemprakarsa bersama instansi tersebut menyusun kerangka acuan TOR sesuai dengan pedoman yang telah ditetapkan bagi analisis dampak lingkungan.
4.Membuat ANDAL

Pemprakarsa membuat ANDAL sesuai dengan pedoman yang ditetapkan, kemudian mengajukannya kepada instansi yang bertanggung jawabuntuk dikaji lebih dulu sebelum mendapatkan keputusan. Kemungkinan hasil penillaian ada 3, yaitu :
- ANDAL disetujui, kemudian pemprakarsa melanjutkan pembuatan RKL dan RPL.
- ANDAL ditolak karena dianggap kurang lengkap atau kurang sempurna.Untuk ini perlu perbaikan dan diajukan kembali.
- ANDAL ditolak karena dampak negatofmya, karena tidak dapat ditanggulangi oleh ilmu dan teknologi yang telah ada, diperkirakan lebih besar daripada dampak positifnya.

5. Membuat RKL dan RPL

      Bila ANDAL telah disetujui maka pemprakarsa dapat melanjutkannya dengan membuat Rencana Pengelolaan Lingkungan ( RPL ) dan Rencana Pemantauan Lingkungan (RPL ) untuk diajukan kepada instansi yang berwenang.

6 .Implementasi Pembangunan Proyek Dan Aktivitas Pengelolaan Lingkungan

Bila RKL dan RPL telah disetujui, maka implementasi proyek dapat dimulai, lalu dilanjutkan dengan pelaksanaan aktivitas pengelolaan lingkungan.

F. ISI LAPORAN AMDAL
     Pada bagian ini akan diberikan kerangka tertulis tiga macam dokumen AMDAL,  yaitu dokunen AMDAL, RPL dan RKL.


DOKUMEN RENCANA KELOLA LINGKUNGAN  ( RKL )

Beberapa penjelasan mengenai dokumen RKL disajikan berikut ini.

Lingkup Rencana Pengelolaan Lingkungan ( RKL ) mnerupakan dokumen yang memuat upaya - upaya mencegah, mengendalikan, dan menanggulangi dampak penting lingkungan yang bersifat negatif dan meningkatkan dampak positif sebagai akibat dari suatu rencana usaha atau kegiatan.
Dalam pengertian tersebut upaya pengelolaan lingkungan menbcakup empat kelompok aktivitas :

a. Pengelolaan lingkungan yang bertujuan untuk menghindari atau mencegah dampak negatif lingkungan melalui pemilihan atas alternatif, tata letak (tata ruang mikro ) lokasi, dan rancang bangun proyek.
b. Pengelolaan lingkungan yang bertujuan menanggulangi, meminimalisasi,atau mengendalikan dampak negatif baik yang timbul di saat usaha atau kegiatan beroperasi, maupun hingga saat usaha atau kegiatan berakhir misalnya rehabilitasi lokasi proyek.
c. Pengelolaan lingkungan yang bersifat meningkatkan dampak positif sehingga dampak tersebut dapat memberikan manfaat yang lebih besar baik kepada pemprakarsa maupun pihak lain terutama masyarakat yang turut menikmati dampak positif tersebut.
d. Pengelolaan lingkungan yang bersifat memberikan pertimbangan ekonomi lingkungan sebagai dasar untuk memberikan kompensasi atas sumberdaya tidak dapat pulih, hilang atau rusak (baik dalam arti sosial ekonomi dan  atau  ekologis)sebagai akibat usaha atau kegiatan.

Kedalaman Rencana Pengelolaan Lingkungan

Mengingat dokunen AMDAL merupakan bagian dari studi kelayakan, maka dokumen RKL hanya akan bersifat memberikan pokok – pokok arahan, prinsip- prinsip, atau persyaratan untuk pencegahan / penanggulangan / pengendalian dampak.
Hal ini tiodak lain disebabkan karena:

a. Pada taraf studi kelayakan, informasi rencana usaha atau kegiatan (proyek) masih relatif umum, bellum memiliki spesifikasi tehnik yang rinci, dan masih memiliki beberapa alternatif ini tak lain karena tahaf ini memang dimaksudkan untuk mengkaji sejauh mana proyek dipandang poatut atau layakuntuk dilaksanakan ditinjau dari segi teknis dan ekonomis; sebelum investasi, tenaga, dan waktu terlanjur dicurahkan lebih banyak.
b. Pokok – pokok arahan, prinsip –prinsip, dan persyaratan pengelolaan lingkungan yang tertuang dalam dokumen RKL selanjutnya akan diintegrasikan atau menhadi dasar pertimbangan bagi konsultan rekayasa dalam menyusun rancangan rinci rekayasa.

Rencana Pengelolaan Lingkungan

Rencana pengelolaan lingkungan dapat berupa pencegahan dan penanggulangan dampak negatif, serta peningkatan dampakpositif yang bersifat strategis. Rencana pengelolaan lingkungan harus diuraikan secara jelas, sistematis serta mengandung ciri – ciri poikok sebagai berikut :

a.  Rencana pengelolaan lingkungan memuat pokok – pokok arahan, prinsip – prinsip,                   pedoman, atau persyaratan untuk mencegah, menanggulangi, m,engendalikan atau meningkatkan dampak penting baik negatif maupun positif yang bersifat strategis ; dan bila dipandang perlu, lengkapi pula dengan acuan literatur tentang rancang bangun penanggulangan dampak dimaksud.
b. Rencana pengelolaan lingkungan dimaksud perlu dirumuskan sedemikian rupa sehingga dapat dijadikan bahan pertimbanagan untuk pembuatan rancangan rinci rekayasa, dan dasar pelaksanaan kegiatan pengeloalaan lingkungan.
c.   Rencana pengelolaan lingkungan mencakup pula upaya  peningkatan kemampuan dan pengetahuan karyawan pemprakarsa kegiatan dsalam pengelolaan lingkungan hidup melalui kursus – kursus dan pelatihan.
d.  Rencana pengelolaan lingkungan juga mencakup pembentukan unit organisasi yang bertanggung jawab dibidang lingkungan untuk melaksanakan RKL.


Format Dokumen RKL

 I. Latar Belakang Pengelolaan Lingkungan
1. pernyataan tentang latar belakang perlunya dilaksanakan rencana pengelolaan    lingkungan baik ditinjau dari kepentingan pemprakarsa, pihak-pihak yang berkepentingan,maupun untuk kepentingan yang lebih luas dalam rangka menunjang program pembangunan.
2. Uraian secara sistematis, singkat, dan jelas tentang tujuan pengelolaan lingkungan yang akan dilaksanakan pemprakarsa sehubungan dengan rencana usaha atau kegiatan.
3. Uraian tentang manfaat pelaksanaan pengelolaan lingkungan baik bagi pemprakarsa usaha atau kegiatan, pihak –pihak yang berkepentingan, maupun bagi masyarakat luas.
4. Uraikan secara singkat wilayah, kelompok masyarakat, atau ekosistem di sekitar rencana usaha atau kegiatan yang sensitif terhadap perubahan akibat adanya rencana usaha atau kegiatan tersebut.
5.  Kemukakan secara jelas dalam peta secara jelas dengan skala yang memadai (peta                                                                                                administratif, peta lokasi, peta topografi, dan lain –lain ) yang mencakup informasi tentang:
    
(1). Letak geografis rencana usaha dan kegiatan;
(2). Aliran sungai, rawa, danau;
(3). Jaringan jalan dan pemukiman penduduk;
(4). Batas administratif pemerintah daerah;
(5). Wilayah, kolompok masyarakat, atau ekosistem disekitar rencana usaha atau
     Kegiatanyang sensitif terhadap perubahan.

II. Rencana Pengelolaan Lingkungan

1.Dampak Penting dan Sumber Dampak Penting

a.Uraikan secara singkat dan jelas komponen atau parameter lingkungan yang    diprakirakan mengalami perubahan mendasar.
b. Uraikan secara singkat sumber penyebab timbulnya dampak penting:
- Apabila dampak penting timbul sebagai akibat langsung dari rencana usaha atau     kegiatan, maka uraikan secara singkat jenis usaha atau kegiatan yang merupakan penyebab atau timbulnya dampak penting.


2.Tolok Ukur Dampak

Jelaskan tolok ukur dampak yang akan digunakan untuk mengukur komponen lingkungan yang akan terkena dampak akibat rencana usaha atau kegiatan berdsasarkan baku mutu standar (ditetapkan oleh peraturan perundang-undangan);
Keputusan para ahli yang dapat diterima secara ilmiah, lazim digunakan, dan atau lebih ditetapkan oleh instansi yang bersangkutan.
      
3.Tujuan Rencana Pengelolaan Lingkungan

Sebagai misal , dampak yang secara strategis harus dikelola untuk suatu rencana industri pulp (bubur kertas) dan kertas adalah kualitas air limbah ,maka tujuan upaya pengelolaan lingkungan secara spesifik adalah : “Mengendalikan mutu limbah cair yang dibuang ke sungai xyz, khususnya parameter BOD5, COD< Padatan Tersuspensi total, dan PH; agar tidak melampaui baku mutu limbah cair sebagaimana yang ditetapkan pemerintah, tentang Baku Mutu Limbah Cair bagi kegiatan yang sudah Beroperasi”


4.   Pengelolaan Lingkungan

     Upaya pengelolaan lingkungan yang di utarakan juga mencakup upaya pengoperasian   unit atau sarana pengendalian dampak (misal unit pengelolaan limbah),bila unit atau sarana yang dimaksud dinyatakan sebagai aktivitas dari rencana usaha atau kegiatan.

5.Lokasi Pengelolaan Lingkungan

Utarakan rencana lokasi kegiatan pengelolaan lingkungan dengan memperhatikan sifat dampak penting yang dikelola. Sedapat mungkin lengkap pula dengan peta /sketsa/ gambar.

6.Periode Pengelolaan Lingkungan

Pengelolaan lingkungan dilaksanakan dengan memperhatikan sifat dampak penting yang dikelola (lama berlangsung sifat kumulatif, dan berbalik tidaknya dampak ),serta kemampuan pemprakarsa (tenaga, dana).

7.Pembiayaan Pengelolaan Lingkungan

Pembiayaan untuk melaksanakan RKL merupakan tuygas dan tanggung jawab dari pemprakarsa rencana usaha atau kegiatan yang bersangkutan.
     .
Pembiayaan tersebut mencakup :

a. Biaya investasi misalnya pembelian peralatan pengelolaan lingkungan serta biaya untuk kegiatan teknis lainnya.
b. Biaya personal dan biaya operasional.
c. Biaya pendidikan serta latihan keterampilan operasional.

8.Institusi Pengelolaan Lingkungan
  
Pada setiap rencana pengelolaan lingkungan cantumkan institusi atau kelembagaan yang akan berurusan, berkepentingan, dan berkaitan dengan kegiatan pengelolaan lingkungan, sesuai dengan peraturan perundang –undangan yang berlaku baik ditingkat nasional maupun daerah. Peraturan perundang-undangan  yang mengatur tentang pengelolaan lingkungan sebagaimana diatur dalam pasal 18 UU Nomor 4 Tahun 1982 meliputi :

(1). Peraturan perundang-undangan yang dikeluarkan oleh Menteri Negara Lingkungan Hidup.
(2) Peraturan perundangan-undangan yang dikeluarkan oleh Badan Pengendalian    Dampak Lingkungan.
(3). Peraturan Perundangan-undangan yang dikeluarkan oleh sektor terkait.
(4). Keputusan Gubernur, Bupati / Walikota.
(5). Peraturan-peraturan lain yang berkaitan dengan pembentukan institusi pengelolaan lingkungan.