Minggu, 21 November 2010

Evaluasi kinerja pada kegiatan mahasiswa

Evaluasi kinerja pada kegiatan mahasiswa

Tugas ke 6

Evaluasi kinerja pada kegiatan mahasiswa

Pendahluan

Untuk melakukan review kinerja dan kapabilitas organisasi, melakukan proses evaluasi. Tata cara penilaian kinerja yang diterapkan mengacu pada aturan yang ada. Untuk menentukan kinerja lembaga ditetapkan indikator-indikator yang terdiri indikator Kualitas lulusan, Kemahasiswaan, Aspek Finansial, Faculty and Staff dan Keefektifan hasil.

Isi

Kunci ukuran keberhasilan lembaga yang direview secara periodik oleh Pimpinan mencakup lima hal, yaitu :
1. Kinerja Pembelajaran Mahasiswa,
2. Kinerja Pelayanan kepada Mahasiswa.
3. Kinerja Anggaran dan Keuangan,
4. Kinerja Dosen dan Staf, dan
5. Kinerja Efektifitas Organisasi.
Hasil temuan kinerja di atas, oleh Pimpinan diterjemahkan dalam prioritas-prioritas untuk melakukan perbaikan dan peluang inovasi dengan memperhatikan kemampuan tenaga dan biaya yang ada. Upaya-upaya perbaikan dan inovasi ini dirumuskan melalui suatu pembahasan pada Rapat Pimpinan (Rapim).
Penutup
Menurut saya dengan mekanisme penyampaian laporan pertanggung jawaban dalam Rapat mahasiswa dan hasil penilaian atas kinerja ini digunakan pimpinan untuk memperbaiki effektivitas kepemimpinannya melalui rapat koordinasi pimpinan dan pemberian arahan-arahan kepada para kepala unit di bawahnya.
a. Tujuan Evaluasi
Sebagaimana diuraikan pada bagian terdahulu bahwa evaluasi dilaksanakan dengan berbagai tujuan. Khusus terkait dengan pembelajaran, evaluasi dilaksanakan dengan tujuan:
1. Mendeskripsikan kemampuan belajar siswa.
2. mengetahui tingkat keberhasilan PBM
3. menentukan tindak lanjut hasil penilaian
4. memberikan pertanggung jawaban (accountability)
b. Fungsi Evaluasi
Sejalan dengan tujuan evaluasi di atas, evaluasi yang dilakukan juga memiliki banyak fungsi, diantaranya adalah fungsi:
1. Selektif
2. Diagnostik
3. Penempatan
4. Pengukur keberhasilan
Selain keempat fungsi di atas Asmawi Zainul dan Noehi Nasution menyatakan masih ada fungsi-fungsi lain dari evaluasi pembelajaran, yaitu fungsi:
1. Remedial
2. Umpan balik
3. Memotivasi dan membimbing anak
4. Perbaikan kurikulum dan program pendidikan
5. Pengembangan ilmu
c. Manfaat Evaluasi
Secara umum manfaat yang dapat diambil dari kegiatan evaluasi dalam pembelajaran, yaitu :
1. Memahami sesuatu : mahasiswa (entry behavior, motivasi, dll), sarana dan prasarana, dan kondisi dosen
2. Membuat keputusan : kelanjutan program, penanganan “masalah”, dll
3. Meningkatkan kualitas PBM : komponen-komponen PBM
Sementara secara lebih khusus evaluasi akan memberi manfaat bagi pihak-pihak yang terkait dengan pembelajaran, seperti siswa, guru, dan kepala sekolah.
Bagi Siswa
Mengetahui tingkat pencapaian tujuan pembelajaran : Memuaskan atau tidak memuaskan
Bagi Guru
1. mendeteksi siswa yang telah dan belum menguasai tujuan : melanjutkan, remedial atau pengayaan
2. ketepatan materi yang diberikan : jenis, lingkup, tingkat kesulitan, dll.
3. ketepatan metode yang digunakan
Bagi Sekolah
1. hasil belajar cermin kualitas sekolah
2. membuat program sekolah
3. pemenuhan standar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar