Rabu, 08 Juni 2011

karakter pemimpin

Menjadi pemimpin adalah impian setiap orang, bahkan menjadi pemimpin terkecil dalam rumah tangga juga impian. Kita semua adalah pemimpin dan akan dimintai pertanggungjawaban tentang apa yang kita pimpin.
Seorang pemimpin sejati, harus mampu meningkatkan kemampuan dirinya untuk memuliakan orang-orang yang dipimpinnya. Dia menafkahkan lebih banyak harta dan segenap kemampuannya. Dia bekerja lebih keras dan berpikir lebih kuat, lebih lama, dan lebih mendalam dibanding orang yang dipimpinnya. Bukan sebaliknya, pemimpin yang selalu ingin dilayani, selalu ingin mendapatkan dan mengambil sesuatu dari orang-orang yang dipimpinnya. Agar mampu menjadi pemimpin yang baik, khususnya pemimpin rumah tangga, secara singkat kami berikan tips kebiasaan pemimpin yang efektif:
Berpikir Win-Win Solution.
Pemimpin yang efektif akan selalu berpikir menang-menang untuk mendapatkan solusi yang terbaik. Tidak ada yang kalah atau menang, semuanya harus menang, semuanya harus maju, semuanya harus sukses, tanpa merendahkan orang lain. Proaktif.Pemimpin yang sejati akan selalu “menjemput bola” bukan sebaliknya hanya diam menunggu bola. Dirinya tidak menunggu perintah atau arahan dari pimpinan puncak, melainkan mencari-cari cara yang inovatif dan kreatifitas dalam memimpin.Dahulukan yang utama.Seorang pemimpin akan mengerjakan hal-hal sesuai skala prioritas. Hal utama yang paling mendesak, itulah yang didahulukan untuk diselesaikan. Bukan mengerjakan hal yang kurang mendesak dalam mengambil keputusan. Ini semua dilakukan untuk mengefisienkan tenaga, waktu dan pikiran, demi mencapai target yang diinginkan. Mengerti dulu, baru dimengerti

Keberadaan seorang pemimpin yang efektif harus bisa mengerti orang lain terlebih dahulu. Setelah ia memahami dan mengerti orang lain, dengan sendirinya orang akan memahami dirinya. Karena kalau terus menerus memaksakan ingin dimengerti akan merusak hubungan harmonis antara seorang pemimpin dan yang dipimpin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar