Senin, 10 Januari 2011

Rencana bidang pemasaran

Unsur-unsur dalam Rencana Pemasaran PDF Cetak E-mail

sales_planMenyusun sebuah rencana pemasaran merupakan sebuah peluang yang besar bagi Anda untuk melangkah lebih maju di luar bidang bisnis yang Anda tekuni dan cermati perkembangan yang sedang terjadi dalam industri di mana Anda bergerak. Dengan memahami pasar dan para pesaing dalam industri Anda, Anda bisa mempersiapkan dan merencanakan langkah Anda selanjutnya dengan lebih baik demi masa depan perusahaan. Berikut sejumlah unsur penting uang harus dicantumkan dalam rencana pemasaran:

* Tujuan/ misi: Bagian ini memperkenalkan perusahaan pada pembaca dengan memaparkan tujuan dari penyusunan rencana pemasaran. Apakah Anda sedang mempersiapkan sebuah jajaran produk baru? Menetapkan tujuan baru untuk tahun depan? Membuat rencana sebagai alat mempercepat kemajuan perusahaan Anda?

* Pasar yang menjadi sasaran: Siapakah klien Anda? Jelaskan secara rinci ceruk pasar tertentu yang Anda garap. Juga jelaskan mengapa Anda memberikan produk atau jasa yang lebih baik dari produk/ jasa yang ditawarkan pesaing.

* Riset pasar/ analisis pasar: Penelitian ini mencakup sebuah studi mendalam tentang industri dan tren yang sedang berkembang serta proyeksi masa datang. Analisis kelebihan dan kelemahan para pesaing teratas dalam industri Anda. Lakukan hal yang serupa untuk perusahaan Anda.

* Produk / jasa : Buat sebuah daftar yang memuat produk dan jasa secara lengkap dan menyeluruh. Berikan keterangan dan spesifikasi yang diperlukan.

* Strategi pemasaran : Jelaskan bagaimana Anda menggunakan promosi, periklanan, penjualan, positioning, dan pematokan harga untuk dapat menggarap pasar yang disasar dengan lebih efisien.

* Anggaran pemasaran : Definisikan seberapa banyak uang yang Anda akan investasikan dalam pemasaran dan promosi produk Anda di setiap jangka waktu triwulan atau tahun. Urai anggaran ke dalam beberapa kategori yang lebih spesifik misalnya periklanan, promosi, dan teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar